All-New Daihatsu Sirion yang mengalami perubahan cukup drastis akhirnya resmi meluncur di Indonesia dalam satu varian dan dua tipe transmisi. City car ini dijual dengan harga mulai Rp182,5 juta on the road Jakarta.

“All-New Sirion ditujukan untuk konsumen anak muda yang dinamis, makanya tagline kami untuk produk ini adalah Sahabat Muda. Mereka kami sebut On Generation. Mereka berbeda dengan tipe konsumen Daihatsu lainnya yang lebih ke keluarga,” papar Direktur Pemasaran PT. Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, dalam seremoni peluncuran pada Selasa (13/2/2018) di Jakarta.

Perbedaan antara transmisi manual dengan transmisi otomatis sendiri hanya ada pada bagian girboks. Di luar itu, kedua tipe ini identik. Adapun salah satu penyempurnaan paling signifikan pada All-New Sirion terdapat pada sektor keamanan. Pada generasi ketiganya, Sirion mempunyai Anti-lock Braking System (ABD), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TC), airbag di empat titik, Seatbelt Reminder, Immobilizer, ISOFIX.

Dapur pacu ALl-New Sirion juga diperbarui dengan mesin 1NR-VE 1.3 L DOHC Dual VVT-i dengan tenaga dan torsi lebih besar. Dayanya kini menjadi 95ps di 6.000 rpm, sementara torsinya menjadi 12,2 kg-m di 4.200 rpm. Research and Development Executive Officer ADM, Pradipto Sugondo, menjelaskan, hal ini disebabkan oleh adanya tuntutan lebih dari konsumen-konsumen city car mengenai itu.

“Alasan-alasan membeli city car low adalah irit bahan bakar, kenyamanan berkendara, performa berkendara, desain interior dan eksterior. Tapi ada pertimbangan baru. Konsumen city car sekarang juga mengharap fitur keamanan lebih baik dari sebelumnya,” uja dia.

Dari sisi desain, All-New Sirion mengusung konsep sleek dan aerodinamis dengan hambatan udara (CoD) yang dikurangi 0,001. Ini antara lain karena dimensi lebih rendah 2 cm, lebih panjang 19 cm, dan lebih lebar 7 cm. Berkat dimensi yang berubah, baris kedua juga lebih lega, dengan bagasi yang membesar 68 liter menjadi 277 liter.

Dari sisi tampilan ekterior-interior, mobil yang diimpor dari Malaysia ini sudah diberkahi bemper depan dan grille baru beraksen kromium, lampu kabut beraksen kromium, pola baru pada jok kursi, lampu depan dan lampu belakang LED, pelek baru 15 inchi yang lebih sporty, sayap belakang dengan High-Mounted Lamp, Shark Fin Antenna, setir berbalut kulit, dan Blue Illumination Panel Meter. Lampu depannya juga memiliki fungsi pengaturan sudut pencahayaan.

Sementara itu, fitur-fitur kenyamanan hiburan meliputi Key Free System dengan Start/Stop Button, Front Speed Sensing Wiper, Auto Rear Wiper, Follow Me Home, 2Din Touch Screen Audio, Digital AC with Two Memory, New Central Lock Button, USB Charger dan Power Outlet, hingga Audio and Phone Handsfree Steering Switch.

“Harganya mulai Rp.182,5 juta untuk transmisi manual dan Rp193,5 juta untuk transmisi otomatis. Semuanya harga on the road Jakarta,” tutup Pradipto.

Sumber : https://www.suara.com/otomotif/2018/02/13/134520/all-new-daihatsu-sirion-meluncur-harga-mulai-rp1825-juta