Senior Director PT Astra Daihatsu Motor Tetsuo Miura mengatakan, pasar sport utility vehicle (SUV) di Indonesia terus bertumbuh. Pada 2006, segmen SUV memberikan kontribusi dua persen dari total pasar mobil di Indonesia. Kontribusi SUV kemudian meningkat menjadi sebelas persen pada 2016.

”Peningkatan segmen SUV di Indonesia tidak terlepas dari diluncurkannya produk kolaborasi Daihatsu dan Toyota, yaitu Terios dan Rush,” ujarnya setelah launching All New Terios di Surabaya, Rabu (6/12). Setelah sepuluh tahun sejak peluncuran perdana, Daihatsu memperkenalkan All New Terios yang telah diubah secara drastis untuk lebih menggairahkan pasar SUV.

All New Terios merupakan compact 7 seater SUV yang disesuaikan dengan kondisi masyarakat Indonesia. Fitur-fitur keamanan dan mesin baru All New Terios 2NR-VE 1.500 cc diklaim membuat produk tersebut cocok untuk medan jalan di Indonesia.

”SUV ini rasa MPV karena 7 seater. Orang yang tetap ingin pakai MPV bisa ambil Terios karena cocok untuk harian, keluarga, dan adventure,” imbuh Miura. Sementara itu, East Java Regional Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation Budhy Lau menjelaskan, sejak pertama Terios muncul, telah dilakukan tiga kali perubahan.

”Biasanya kami melakukan refreshment atau minor change sesuai kebutuhan masyarakat dan berdampak pada kenaikan penjualan sekitar 20 sampai 30 persen,” kata Budhy. Namun, dengan totally new change kali ini, pihaknya berharap dapat meningkatkan penjualan Terios di Jatim minimal 50 persen, bahkan sampai 100 persen.

Di wilayah Jatim, penjualan Terios model lama rata-rata sekitar 100 unit per bulan. Artinya, Terios berkontribusi sekitar 12 persen per bulan terhadap penjualan Daihatsu. ”Dengan adanya All New Terios ini, kami targetkan mampu terjual 200 sampai 300 unit per bulan,” kata Budhy.

Menurut dia, penjualan seri baru Daihatsu tersebut sangat potensial di Jatim. Terbukti, pihaknya telah mengantongi surat pemesanan kendaraan (SPK) sebanyak 20 unit.  Jumlah yang inden di Jatim juga mencapai lebih dari 100 sejak All New Terios diluncurkan di Jakarta November lalu.

All New Terios mulai didistribusikan akhir bulan ini lantaran produksinya yang dilakukan pada Desember. ”Untuk Terios lama otomatis tidak diproduksi lagi karena sudah berganti yang baru. Saat ini unitnya sudah hampir nol. Di pabrik dan pusat sudah tidak ada,” kata Budhy.